Recent Posts

Paling Banyak diBaca

Jumat, 30 Oktober 2009

Investasi Pilihan

PROGRAM INVESTASI PALING DI REKOMENDASIKAN
Banyak sekali jenis Investasi di luar sana, mulai dari deposito, investasi real estate, Reksadana, Obligasi, Future Tradding, Stock Index, Saham, Property, Dll..

Dana / Modal untuk beberapa jenis Investasi diatas sangatlah besar, mungkin hanya kalangan menengah keatas saja yang bisa mengikuti jenis investasi tersebut

Dengan Modal besarpun kita tidak bisa menjamin akan menghasilkan hasil yang kita inginkan, tidak sedikit orang yang mendapatkan kerugian dari jenis-jenis investasi dengan modal besar.

Perkenalkan Saya Deni Aryanto, Saya akan memperkenalkan Program Investasi untuk Anda, tentunya dengan modal yang relatif kecil.

Jika dibandingakan dengan investasi-investasi yang saya sebutkan diatas, Program investasi ini sangat tidak beresiko, Keberhasilan akan lebih memihak kepada anda

Bagaimana cara Mengikuti Program Investasi ini, dan berapa modal yang harus Anda keluarkan, Silakan KLIK LINK di bawah untuk Segera mendapatkan panduannya

Program Investasi Perencana Keuangan








Saya Akan Memberikan Anda Shoft Copy / E-Book Gratis untuk Anda sebagai Panduan manjalankan Program Investasi Perencana Keuangan ini
dan Untuk anda Saya Akan Berikan Gratis

DOWNLOAD


KEPUTUSAN ANDA SEKARANG MENENTUKAN KESUKSESAN ANDA DI MASA YANG AKAN DATANG


Just Do It!!!!!
Lakukan Saja!!!!

Saya Tunggu Anda Untuk

Senin, 12 Oktober 2009

Download BlackBerry Messenger Versi 5.0.0.33

RIM merilis secara resmi BlackBerry Messenger versi terbaru yang siap di download. Versi terbaru 5.0.0.33 ini memiliki banyak perubahan yang berarti dan sedikit berbeda dengan BBM 5.08 yang sudah duluan ada dalam versi Beta atau Leaked.

File berukuran 2.940 KB ini dapat langsung diunduh dan gratis via browser perangkat BlackBerry di http://blackberry.com/messenger atau via BlackBerry App World di http://appworld.blackberry.com/webstore/content/3729 . Aplikasi ini tersedia untuk semua jenis BlackBerry dan untuk semua negara tanpa terkecuali. Karena versi ini adalah versi resmi RIM maka jangan ragu buat menginstalnya, tidak seperti BBM 5.08 sebelumnya yang sering hang dan sering hilang dengan sendirinya. BBM versi terbaru ini juga udah kompatibel dengan OS 5.0 versi beta atau leak dan versi resmi yang akan rilis akhir tahun ini juga, tetapi untuk OS versi 4.0 atau 4.1 tidak dapat menggunakan kecuali sudah upgrade OS 4.5 atau lebih tinggi.

Pertama-tama harus backup dulu semua contact yang ada, kelebihan versi baru ini dapat menampung contact lebih banyak, bisa ribuan. Setelah backup selesai kunjungi alamat di atas trus ikuti petunjuk download sampai selesai, kalo ada pertanyaan YES or NO jawab aja YES sampai kita disuruh Reboot perangkat BlackBerry untuk mengganti dari versi sebelumnya. Apabila bermasalah dengan koneksi sehingga proses install terputus atau sudah selesai tapi ada masalah, coba Reboot dulu dan liat apakah sudah ada icon BBM terbaru atau buka aja Option-Aplicattion cek apakah sudah ada aplikasi BBM, apabila setelah Reboot masih bermasalah Delete aja aplikasi itu dari Option-Application tersebut dan install ulang dengan download OTA, apabila masih tetap bermasalah mungkin ada file tersisa dari BBM beta sebelumnya pakai aja Blackberry Desktop Manager lalu lakukan wipe atau delete atau hapus BBM yang lama lewat application loader, setelah delete, bersih, install ulang.

Apa aja sih kelebihan BlackBerry Messenger versi 5.00 ini? yang mencolok adalah adanya "Create BlackBerry Group", beda dengan yang ada di versi Leaked 5.08 tetapi pengelompokan dengan ikon ID, chatting, status updates per group termasuk juga broadcast message per group. Untuk pengiriman file juga lebih besar kapasitasnya sampai dengan 6 MB sehingga kalo transfer atau terima gambar gak lagi harus diresize terlebih dahulu. Untuk masalah backup data selain lebih besar kapasitasnya juga bisa melakukan secara remote alias disimpan di RMI atau hanya lokal di perangkat BB atau media card. Bar Code scan QR Code (bar code 2 dimensi) juga lebih mudah menggunakan kamera untuk invite contact atau group. Masalah tampilan BBM terbaru ini lebih nyaman dan enak dilihat termasuk juga lebih mudah mengorganisasikan task & event calendar yang ada.

Tulisan di atas belum semua mengulas kelebihan versi baru ini, silahkan explore sendiri apliakasi ini. Selamat ber PING! ria dengan BlackBerry Messenger Versi 5.0.0.33....

Ingin Nambah Teman BlackBerry Messenger dan ingin Download BlackBerry Messenger Versi 5.0 sesuai dengan type BlackBerry Anda??

Kunjungi blackberrymessenger.blogspot.com

Peluang Bisnis Property

Investasi di property masih jadi pilihan utama kebanyakan orang, sebab orang beranggapan bahwa itu adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan uang. Secara umum investasi property dianggap lebih aman daripada jenis investasi lainnya. Sebabnya Anda menguasai atau mengelola sendiri investasinya, jadi Anda bisa mengendalikan hampir semuanya. Namun hal itu bukanlah satu-satunya keuntungan berinvesatsi di property, karena yang paling menarik sebenarnya dari invesatsi di property ini memungkinkan Anda untuk menggunakan uang orang lain untuk mulai berinvestasi.


Kebanyakan produk investasi lain banyak dipengaruhi oleh faktor luar. Misalnya harga-harga di bursa saham bisa naik turun dengan cepat bahkan signifikan karena isu atau gossip seputar politik, kebijakan pemerintah, keamanan negara, kondisi ekonomi, atau seperti obligasi yang harganya turun saat angka inflasi dan suku bunga naik. Dibandingkan property yang walaupun
juga terpengaruh faktor luar, namun perubahannya tidak terlalu cepat, misalnya harga rumah tentunya tidak bisa berubah begitu saja dalam sehari tetapi butuh tahunan.

Keuntungan Investasi di Property Dengan berinvestasi ke property, Anda mempunyai kesempatan untuk mendapatkan hasil return investasi yang besar. Jika Anda lihat Donald Trump pengusuha property dari Amerika atau Ir. Ciputra dari Indonesia, mereka kaya raya dari bisnis property. Bank juga memiliki property, jika kita perhatikan gedung kantor pusat bertingkat tinggi yang megah, belum lagi puluhan jumlah kantor cabangnya. Banyak cara untuk berinvestasi ke property.

Anda bisa memulainya dengan membeli rumah tinggal, ruko, membangun rumah sewaan, bangunan komersial lainnya atau tanah kosong. Dari semua pilihan ini, membeli dan menjual rumah sewaan lebih baik dipilih bagi mereka yang baru akan mulai berinvestasi di property, kemudian sedikit-sedikit menabung dari hasil sewa untuk diinvestasikan kembali..Jika Anda perhatikan banyak orang tertarik untuk membuat rumah sewaan, sebab dengan menjadi induk semang memungkinkan Anda memiliki harta yang bisa Anda kontrol sendiri, kemudian menjualnya nanti.

Kabar baiknya Anda tidak memerlukan uang banyak untuk memulai investasi
Anda di property.

Penting sekali memahami mengapa property seringkali menjadi pilihan utama orang untuk mengembangkan harta kekayaannya, alasannya bukannya karena property tidak berisiko. Seperti investasi lainnya di property juga mempunyai kendala misalnya para penyewa yang telat membayar sewa rumah, pindah tanpa memberitahu, bangunan yang rusak, kesulitan apapun bisa terjadi.

Intinya jika Anda bersedia repot dengan urusan semacam ini, maka investasi di property memang untuk Anda. Menggunakan Uang Orang lain “ Other People’s Money “ Salah satu hal yang paling menarik dari investasi di property adalah bahwa sistemnya dibuat sedemikian rupa sehingga memungkinkan Anda untuk menggunakan uang orang lain untuk membiayai investasi Anda. Ini adalah salah satu konsep terpenting yang membuata rproperty bisa menjadikan Anda bisa lebih kaya dibandingkan investasi lainnya.

Pada jenis investasi lain maka besarnya jumlah investasinya sangat ditentukan dari seberapa banyak Anda bersedia dan mampu membayarnya dengan tunai. Jadi untuk membeli investasi lain Anda barus membayarnya tunai dengan asumsi menggunakan uang Anda sendiri. Kita ambil saja contohnya investasi di pasar modal. Untuk membeli saham maka Anda harus membayar tunai seluruhnya dari kesuluruhan transaksinya, kecuali Anda melakukan margin trading yang sebenarnya sangat berisiko. Begitu juga investasi di obligasi, reksadana, deposito dan tabungan di bank, bahka emas dan barang koleksi yangbernilai seni, semuanya mensyaratkan pembayaran tunai seluruhnya.

Investasi di property tidak demikian, Anda bisa saja membayar sebesar uang muka rumahnya sebesar 10% sampai dengan 30% dari harga rumahnya dalam rangka untuk memiliki barangnya kemudian sisanya bisa dibiayai dari pinjaman ke bank. Jangankan bank, bahkan developernya sendiripun mau memberikan keringanan pembayaran cicilan untuk pembayaran uang muka
pembelian barangnya.

Kesempatan untuk menggunakan uang orang lain terwujud dalam bentuk pembiayaan ini disebut dengan istilah leverage, atau kemampuan dalam melipatgandakan sesuatu. Contohnya, dihari pertama Anda berhasil mendapatkan kredit rumah dengan pembayaran uang muka sebesar Rp 30 juta, maka dihari itu pula aset tunai Anda langsung bertambah menjadi Rp 100 juta.

Dengan menggunakan pembiayaan maka investasi rumah bisa berlipat ganda dengan dua cara. Pertama, semakin banyak uang yang diinvestasikan maka semakin besar uang orang lain atau pembiayaan yang bisa Anda dapatkan, misalnya dengan uang Rp 30 juta, maka Anda hanya bisa membeli saham sampai sebesar Rp 30 juta. Namun dengan jumlah uang yang sama jika diinvestasikan ke dalam property, maka Anda bisa membeli rumah seharga Rp 100 juta. Dimana Anda membayar uang muka rumah sebasar Rp 30 juta, kemudian bank membiayai sisanya sebesar Rp 70 juta, selanjutnya Anda menjadi pemilik sebuah bangunan seharga Rp 100 juta. Bukankah jumlah tersebut lebih dari 3 kalinya atau 300% berlipat ganda ? Luar biasa.

Mengapa Real Estate Menguntungkan?

Menggunakan uang orang lain atau menggunakan pembiayaan merupakan salah satu saja dari kemudahan yang bisa dimanfaatkan dakam berinvestasi ke property. Namun selain itu masih banyak keuntungan investasi di property yang membuatnya sangat menarik di bandingkan investasi lainya.

1. Arus Kas, “Cash Flow“,
Arus kas adalah uang yang Anda terima secara rutin atas uang yang Anda tanamkan dalam suatu investasi. misalnya bunga tabungan dan deposito adalah arus kas karena memberikan pendapatan untuk Anda. Dalam property, uang sewa bisa menjadi pemasukan atau arus kas untuk Anda.
Semakin banyak bangunan yang bisa Anda sewakan maka semakin besar pula arus kas Anda.

2. Nilai kepemilikan Anda terhadap rumah tersebut meningkat.
Nilai kepemilikan atau hak Anda terhadap investasi property yang dibiayai dari konsep menggunakan uang orang lain tadi akan meningkat, jauh melebihi hutang atau kewajiban Anda. Hak kepemilikan seseorang dalam suatu investasi ini dikenal dengan istilah equity. Contohnya jika pembelian investasi property Anda sebesar Rp 100 juta, yang dibiayai oleh bank Rp 70 juta, sisanya yang Rp 30 juta memakai uang Anda sendiri. Maka hak kepemilikan Anda terhadap investasi senilai Rp 100 juta tadi adalah sebesar Rp 30 juta atau 30%nya.

Hak kepemilikan akan bertambah nilainya karena adanya pembayaran cicilan hutang yang mengurangi kewajiban. Selain itu hak kepemilikan Anda juga bertambah karena nilai propertinya naik. Nilai property Anda akan naik disebabkan inflasi yang membuat harga barang dan jasa mengalami kenaikan termasuk property.

Akibat inflasi ini bukan cuma nilai propertinya yang naik tetapi juga Anda mempunyai kesempatan untuk menaikkan arus kas atau pendapatan rutin Anda dengan cara menaikkan uang sewa rumah sejalan dengan inflasi tadi. Kenaikan nilai property ini bahkan bisa menaikkan kekuatan meminjam Anda. Bank biasanya dengan senang hati memberikan pinjaman tambahan berdasarkan kenaikan harga agunannya atau propertinya. Anda bisa mengunakan uang ini untuk melunasi saldo hutang yang lama, dan sisa uang dari pinjaman tersebut bisa masuk kantong Anda. Kemudian untuk cicilan pinjaman baru sesuaikanlah dengan pemasukan uang sewa.

3. Kesempatan untuk membangun bangunan yang lebih besar lagi,
setelah Anda berhasil melunasi hutangnya, Anda akan mempunyai lebih banyak uang untuk dialokasikan, misalnya untuk membuat property yang sudah ada menjadi lebih besar lagi. Banyak investasi property dimulai dari sebuah bangunan kecil, tetapi karena ada pendapatan dari sewa yang bisa mencover cicilan hutang bulanan, maka membuat propertinya menjadi bangunan lebih besar menjadi sangat mungkin.

Sulitkah Mendapatkan Pinjaman Untuk Investasi Property?

Bagian paling sulit dari semua bisnis adalah mendapatkan uang untuk membiayai bisnis tersebut. Orang bahkan masih sangat sulit untuk meminjam kredit usaha dari bank untuk memulai usaha. Bank biasanya hanya mau memberikan pinjaman hanya kepada bisnis yang sudah berjalan 2 tahun. Hal ini tidak berlaku saat Anda mau meminjam uang ke bank untuk membeli rumah.

Tidak peduli apakah Anda baru membeli rumah untuk pertama kalinya atau untuk yang kesekian kalinya, kredit rumah bisa diberikan oleh bank untuk pembelian rumah yang ke berapapun. Selain itu dari sisi bank kredit rumah juga dianggap sebagai jenis kredit yang risikonya paling rendah.

Sebab besarnya cicilan kredit rumah disesuaikan dengan penghasilan Anda, dengan demkian bank berasumsi bahwa debiturnya sudah mempunyai penghasilan yang stabil yang bisa digunakan untuk membayar cicilan bulanan.

Kemudian dilihat dari segi jaminanya yaitu bangunan itu sendiri, yang kita ketahui terus mengalami kenaikan harga, maka tidak heran kalau jaminannya umumnya bisa mengcover hutangnya.

Langkah – Langkah Memulai Investasi Di Property

Walaupun ada kesempatan menggunakan pinjaman untuk membiayai investasi property Anda, bukan berarti Anda menjadi lengah. Investasi di property tetap membutuhkan komitmen penggunaan uang dan waktu. Jadi melakukan riset dan menetapkan rencana sebelum berinvestasi di property sangatlah penting. Karena langkah paling awal dan paling penting begitu Anda memutuskan untuk berinvestasi ke property adalah mempelajari segala sesuatunya tentang property sebanyak yang Anda bisa.

Terus belajar, ada banyak sumber informasi yang bisa Anda dapat untuk belajar tentang investasi property misalnya dari buku – buku, kursus, seminar, juga internet dan lain-lain. Untuk mengenal bisnis property Anda juga bisa mengambil kerja paruh waktu sebagai broker property.

Keuntungannya, selain Anda bisa mempraktekkan apa yang Anda pelajari dari berbagai sumber informasi tadi, Anda juga bisa mendapatkan komisi penjualan dari property yang Anda jual. Belum lagi kesempatan untuk membangun jaringan atau network yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk membantu bisnis property Anda nanti. Melakukan riset terlebih dahulu akan membuat Anda “awas” terhadap risiko atau problem-problem yang mungkin timbul berkenaan dengan kepemilikan property misalnya bisa terjadi masalah dengan para penyewa, biaya-biaya perawatan bangunan.

Bekerja samalah dengan agen penjual rumah atau broker property, setelah Anda membekali diri Anda dengan informasi yang memadai tentang bisnis property maka selanjutnya carilah seorang agen penjual rumah atau broker property yang bersedia membantu Anda memahami lebih jauh tentang bisnis property. Carilah agen penjual yang sudah berpengalaman minimal 2 tahun, biasanya mereka sudah jauh lebih menguasai bisnis property.

Sebaiknya Anda mencari agen penjual rumah yang bekerja fulltime daripada partime, sebab dikhatirkan mereka tidak bisa memenuhi Riset mengenai suku bunga, kenaikan harga property, harga sewa, jika Anda mau menggunakan pembiayaan dari bank maka bandingkanlah suku bunga kredit bank yang satu dengan yang lain dan carilah yang paling kompetitif. Kemudian juga mengenai asumsi kenaikan harga propertinya sehingga Anda bisa menentukan kira-kira berapa harga jualnya suatu saat nanti. Jangan lupa jika Anda ingin mendapatkan pemdapatan dari sewa ruamh, maka sebelum menentukan harga sewa carilah informasi mengenai harga sewa rumah yang pantas untuk daerah tersebut yang disesuaikan dengan kondisi bangunannya.

Your Action Plan

Setelah Anda berketetapan hati untuk berinvestasi di property, maka selanjutnya Anda tinggal menetapkan tujuan dari investasi property Anda secara spesifik dan terukur. Misalnya Anda ingin mendapatkan uang Rp 100 juta yang Anda tanamkan dalam investasi property e atau pembelian property bisa menjadi Rp 1 Milyar dalam 10 tahun. Setelah Anda menetapkan tujuan barulah Anda bisa menentukan jenis property apa yang cocok untuk mencapai tujuan tersebut, apakah perumahan, bangunan komersial..

Hitunglah berapa banyak jumlah uang yang dibutuhkan untuk nvestasi tersebut, kondisi pasar propertinya, kemudian jumlah uang sewa yang bisa Anda harapkan, juga berapa banyak bangunan yang bisa Anda beli. Dengan melakukan riset seperti dianjurkan diatas, maka Anda bisa memperkirakan berapa banyak uang yang mesti Anda sediakan dan berapa hasil investasi yang bisa diharapkan untuk terus berkembang.

Anda bahkan bisa perkirakan berapa lama property tersebut harus Anda tahan sebelum menjualnya. Dengan membuat tujuan keuangannya akan memberikan Anda semacam pedoman untuk memulai bisnis baru Anda, mengambil tindakan9 tindakan yang perlu, melakukan antisipasi risiko, kemudian melakukan investasinya.

Selamat berinvestasi !

Sumber: peluangbisnis.com

Jumat, 09 Oktober 2009

Keunggulan BlackBerry Curve 8900 Javelin

Kabar gembira bagi penggemar Blackberry. Kini telah hadir
BlackBerry Curve 8900, atau lebih akrab disebut Javelin
Secara umum, pendatang baru ini bergaya Bold. Tetapi desainnya mewarisi tipikal wajah Curve 8300. Yang pasti Curve 8900 memiliki berbagai keunggulan dibandingkan pendahulunya, tetapi juga masih ada beberapa kelemahan.

1. Ukurannya sedang. Bila dimasukkan
saku tidak terasa besar, tetapi juga tidak terlalu kecil.
Bobotnya sekitar 110 gram, sehingga
terasa pas juga kala ditenteng.


2. Layarnya juga lebih
unggul, ukuran 2.4 inci beresolusi HVGA+ (480x360). Hanya saja belum memakai
layar sentuh.


3.
Navigasinya sama dengan BlackBerry tipe bar lainnya, yakni memakai
track ball. Sedang alat input menggunakan keyboard Qwerty yang tersusun empat
baris termasuk spasi.


4. Untuk port, Javelin memisahkan fungsi headset dari port
charger/transfer data dengan menambahkan jack 3.5mm. Dengan begitu, kita bisa
menggunakan headset alternatif jika menginginkan kualitas suara lebih jernih.


5. Speaker eksternal memanjang di
bawah lensa kamera dan lampu. Suara bisa disetel ke nyaring maksimal dan
terdengar lumayan jernih.


6. Menggunakan prosesor berkecepatan
512MHz. Meski bukan yang tercepat, namun cukup mumpuni.


7. Sebagai penyimpanan data, tersedia
memori internal sebesar 256MB dan slot memori microSD/SDHC yang mendukung
sampai 16GB. Untuk mengganti kartu memori memang agak repot, karena letaknya di
balik casing. Tetapi memori berkapasitas 1GB yang telah terpasang di slot
kiranya sudah cukup besar.


8. Resolusi kamera sedang-sedang
saja, 3.2MP. Dilengkapi lampu kilat, tapi tak ada cermin.
Tombol kamera terletak di kanan bodi,
antara tombol volume dan port charger.


9. Bagi profesional atau
pebisnis, Javelin cukup membantu, karena dilengkapi banyak aplikasi kerja, baik
aplikasi manajemen pribadi maupun pembuat dokumen.


10. Kelemahan mendasarnya,
Javelin ternyata belum mendukung 3G. Tapi ada fasilitas Wi-Fi (802.11 b/g) yang
bisa dimanfaatkan sebagai alternatif koneksi internet.


11. Tersedia pula fasilitas GPS
yang memakai peta BlackBerry Maps buatan Tele Atlas dan Google Maps. Hanya saja
kecepatannya lambat.


Spesifikasi
Blackberry Curve
8900

Kamis, 08 Oktober 2009

Sejarah Gelar Haji di Indonesia

Menengok Sejarah Perjalanan Haji Tempo Dahulu

Menunaikan ibadah haji wajib hukumnya, bahkan menjadi salah satu rukun Islam bagi madzhab Ahlussunnah dan sebagai kewajiban furu’uddin dalam madzhab Syi’ah. Berbeda dengan kewajiban-kewajiban syari’at lainnya, menunaikan ibadah haji boleh dikatakan merupakan kewajiban terberat dalam Islam.

Orang yang melaksanakan ibadah haji ke tanah suci mengahdapi resiko yang tidak kecil, mulai dari kesengsaraan di perjalanan (khusus jemaah haji Indonesia kesengsaraan itu sudah terasa jauh hari sebelum keberangkatan), hingga ancaman kematian akibat berdesak-desakan dan terinjak-injak oleh sesama jemaah haji saat melakukan ritual haji seperti pernah dialami beberapa tahun yang lalu akibatnya semrawutnya pelayanan haji yang diselenggaran sang “Khadimul Haramain”. Bahkan –lagi-lagi khusus untuk jemaah haji Indonesia- kelaparan.

Itu sekarang ketika semua sarana dan prasarana pelaksanaan jemaah haji sudah sangat modern. Bagaimana dengan jaman dulu, ratusan tahun lalu, saat pesawat terbang belum ada, bahkan kendaraan daratpun baru berupa kuda dan onta ? Dapat kita bayangkan betapa beratnya menunaikan ibadah haji pada jaman itu terutama bagi kaum muslimin yang bertempat tinggal jauh dari tanah suci seperti di Nusantara ini.

Konon, perjalanan menuju Mekah dari daerah-daerah di Nusantara membutuhkan waktu 2 hingga 6 bulan lamanya karena perjalanan hanya dapat ditempuh dengan kapal layar. Bayangkan berapa banyak perbekalan berupa makanan dan pakaian yang harus dipersiapkan para jemaah haji ! Itu pun belum tentu aman. Kafilah haji selalu harus waspada akan kemungkinan para bajak laut dan perompak di sepanjang perjalanan, belum lagi ancaman topan, badai dan penyakit. Tidak jarang ada jemaah haji yang urung sampai di tanah suci karena kehabisan bekal atau terkena sakit. Kebanyakan dari mereka tinggal di negara-negara tempat persinggahan kapal.

Karena beratnya menunaikan ibadah haji, mudah dimengerti bila kaum muslimin yang telah berhasil menjalankan rukun Islam kelima ini kemudian mendapatkan kedudukan tersendiri dan begitu terhormat dalam masyarakat sekembalinya ke negeri asalnya. Merekapun kemudian mendapat gelar “Haji”, sebuah gelar yang umum disandang para hujjaj yang tinggal di negara-negara yang jauh dari Baitullah seperti Indonesia dan Malaysia, tapi gelar ini tidak populer di negara-negara Arab yang dekat dengan tanah suci.

Sejak kapan kaum muslimin Indonesia mulai menunaikan ibadah haji ? Yang jelas kesadaran untuk menunaikan ibadah haji telah tertanam dalam diri setiap muslim Indonesia generasi pertama semenjak para juru da’wah penyebar agama yang datang ke nusantara memperkenalkan agama Islam.

Prof. Dadan Wildan Anas (PR 17 Januari 2006) menyebutkan dalam naskah Carita Parahiyangan dikisahkan bahwa pemeluk agama Islam yang pertama kali di tanah Sunda adalah Bratalegawa putra kedua Prabu Guru Pangandiparamarta Jayadewabrata atau Sang Bunisora penguasa kerajaan Galuh (1357-1371). Ia menjadi raja menggantikan abangnya, Prabu Maharaja (1350-1357) yang gugur dalam perang Bubat yaitu peperangan antara Pajajaran dengan Majapahit.

Bratalegawa memilih hidupnya sebagai seorang saudagar, ia sering melakukan pelayaran ke Sumatra, Cina, India, Srilanka, Iran, sampai ke negeri Arab. Ia menikah dengan seorang muslimah dari Gujarat bernama Farhana binti Muhammad. Melalui pernikahan ini, Bratalegawa memeluk Islam. Sebagai orang yang pertama kali menunaikan ibadah haji di kerajaan Galuh, ia dikenal dengan sebutan Haji Purwa (Atja, 1981:47).

Setelah menunaikan ibadah haji, Haji Purwa beserta istrinya kembali ke kerajaan Galuh di Ciamis pada tahun 1337 Masehi. Di Galuh ia menemui adiknya, Ratu Banawati, untuk bersilaturahmi sekaligus mengajaknya masuk Islam. Tetapi upayanya itu tidak berhasil. Dari Galuh, Haji Purwa pergi ke Cirebon Girang untuk mengajak kakaknya, Giridewata atau Ki Gedeng Kasmaya yang menjadi penguasa kerajaan Cirebon Girang, untuk memeluk Islam. Namun kakaknya pun menolak.

Naskah kuno selain Carita Parahyangan yang mengisahkan orang-orang jaman dulu yang telah berhasil menunaikan ibadah haji adalah Carita Purwaka Caruban Nagari dan naskah-naskah tradisi Cirebon seperti Wawacan Sunan Gunung Jati, Wawacan Walangsungsang, dan Babad Cirebon. Dalam naskah-naskah tersebut disebutkan adanya tokoh lain yang pernah menunaikan ibadah haji yaitu Raden Walangsungsang bersama adiknya Rarasantang. Keduanya adalah putra Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran, dan pernah berguru agama Islam kepada Syekh Datuk Kahpi selama tiga tahun di Gunung Amparan Jati Cirebon.

Setelah cukup berguru ilmu agama Islam, atas saran Syekh Datuk Kahpi, Walangsungsang bersama adiknya Rarasantang berangkat ke Mekah -diduga antara tahun 1446-1447 atau satu abad setelah Bratalegawa- untuk menunaikan ibadah haji dan menambah ilmu agama Islam. Dalam perjalanan ibadah haji itu, Rarasantang dinikahi oleh Syarif Abdullah, Sultan Mesir dari Dinasti Fatimiyah (?), dan berputra dua orang yaitu Syarif Hidayatullah (1448) dan Syarif Arifin (1450). Sebagai seorang haji, Walangsungsang kemudian berganti nama menjadi Haji Abdullah Iman, sementara Rarasantang berganti nama menjadi Hajjah Syarifah Mudaim.

Sementara dari kesultanan Banten, jemaah haji yang dikirim pertama kali adalah utusan Sultan Ageng Tirtayasa. Ketika itu, Sultan Ageng Tirtayasa berkeinginan memajukan negerinya baik dalam bidang politik diplomasi maupun di bidang pelayaran dan perdagangan dengan bangsa-bangsa lain (Tjandrasasmita, 1995:117).

Pada tahun 1671 sebelum mengirimkan utusan ke Inggris, Sultan Ageng Tirtayasa mengirimkan putranya, Sultan Abdul Kahar, ke Mekah untuk menemui Sultan Mekah sambil melaksanakan ibadah haji, lalu melanjutkan perjalanan ke Turki. Karena kunjungannya ke Mekah dan menunaikan ibadah haji, Abdul Kahar kemudian dikenal dengan sebutan Sultan Haji.

Menurut naskah Sajarah Banten diceritakan suatu ketika Sultan Banten berniat mengirimkan utusannya kepada Sultan Mekah. Utusan itu dipimpin oleh Lebe Panji, Tisnajaya, dan Wangsaraja. Perjalanan haji saat itu harus dilakukan dengan perahu layar, yang sangat bergantung pada musim. Biasanya para musafir menumpang pada kapal dagang sehingga terpaksa sering pindah kapal. Perjalanan itu membawa mereka melalui berbagai pelabuhan di nusantara. Dari tanah Jawa terlebih dahulu harus menuju Aceh atau serambi Mekah, pelabuhan terakhir di nusantara yang menuju Mekah. di sana mereka menunggu kapal ke India untuk ke Hadramaut, Yaman, atau langsung ke Jeddah. Perjalanan ini bisa makan waktu enam bulan atau lebih.

Di perjalanan, para musafir berhadapan dengan bermacam-macam bahaya. Musafir yang sampai ke tanah Arab pun belum aman. Pada masa awal perjalanan haji, tidak mengherankan apabila calon jemaah dilepas kepergiannya dengan derai air mata; karena khawatir mereka tidak akan kembali lagi.

Demikian beberapa catatan tentang kaum muslimin Nusantara jaman dulu yang telah berhasil menunaikan ibadah haji. Dari kisah-kisah tersebut nampaknya ibadah haji merupakan ibadah yang hanya terjangkau kaum elit, yaitu kalangan istana atau keluarga kerajaan. Hal ini menunjukkan –pada jaman itu- perjalanan untuk melaksanakan ibadah haji memerlukan biaya yang sangat besar. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan adanya masyarakat kalangan bawah yang juga telah berhasil menunaikan ibadah haji namun tidak tercatat dalam sejarah. Gelar “Haji” memang pantas bagi mereka.

Sekarang perjalanan haji seharusnya tidak sesulit jaman dulu. Sudah selayaknya pemerintah mempermudah perjalanan haji dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya bagi kaum muslimin yang ingin menunaikannya.

Sumber: Kian Santang

Kamis, 01 Oktober 2009

Keunggulan BlackBerry Curve 8520 Gemini


Smartphone BlackBerry Curve 8520 atau Gemini yang telah dirilis RIM ternyata masih memiliki banyak kelemahan, di antaranya tidak ada koneksi 3G, namun desainnya tampak langsing dan trackpad optical yang handal. Spesifikasi lainnya masih sama dengan seri BlackBerry lainnya, seperti koneksi Wi-Fi, EDGE, camera 2 megapiksel, namun tanpa akses GPS dan belum ada konfirmasi harga pastinya untuk smartphone satu ini. Untuk itu, tampaknya smartphone BlackBerry Curve 8520 ini masuk ke dalam smartphone pemula untuk golongan BlackBerry.

Spesifikasi smartphone BlackBerry Curve 8520 atau Gemini :
Jaringan :
Quad-Band 850 / 900 / 1800 / 1900MHz GSM/GPRS
Quad-Band: 850/ 900 / 1800 / 1900 MHz EDGE
Data : GPRS/EDGE
Dimensi : 109mm x 60 mm x 13.90 mm (4.29 x 2.36 x 0.54 inches)
Baterai : 1150 mAhr removable/rechargeable cryptographic Lithium cell
Display : 2.46 inch, resolusi 320×240 pixel, tipe TFT, warna 65,536
Camera : 2 MP dengan Fixed focus, tidak ada Flash, 5x digital zoom
Multimedia :
Video Playback MPEG4, WMV, H.263 , Media Player
Music Player MP3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, WAV, AMR
Memory : microSD SDHC, 256MB Flash Memory
System operasi : BlackBerry OS
Processor : 512 MHz
Input : Predictive Text Input, Keyboard QWERTY
Koneksi : BlackBerry Browser, RSS, USB microUSB, WiFi 802.11b/802.11g, Bluetooth, konektor
HeadPhone Jack (3.5mm), tidak ada GPS
Fitur lainnya : Alarm, Calendar, Calculator, TO-DO, Notes, Voice Dialing, Commands, Recording, Speaker Phone, Push-to-Talk , Email MAP/POP3/SMTP/Microsoft Exchange/Lotus Domino/Blackberry Connect

Akhirnya yang dinanti-nanti sekarang udah ditangan pas habis lebaran 1430 hijriah hari raya ke 4 tanggal 23 september 2009 jalan ke mall, terus nanya ke toko ponsel, eh ternyata HP BlackBerry yang aku tunggu udah diluncurkan, walaupun bukan resmi dari operator, tapi yang penting udah bisa menikmati layanan jaringan BlackBerry, setelah itu langsung aja aku keluarkan kocek sesuai harga yang di bandrol Toko yaitu Rp. 3.500.000 ditambah beli memory external, lapis anti gores,aktifasi BlackBerry, ditotal-total hbsnya Rp 4 jutaan gitu dech

sebenarnya spesisifikasinya sama seperti javelin, tapi yang bikin aku sangat tertarik sama BlackBerry 8520 Gemini adalah TrackPad nya itu loh.... dan juga harganya g bikin kantong kempes

Bila dibandingkan type BlackBerry kebanyakan yang memakai trackball harus dengan perawatan yang extra dan kalau kurang perawatannya trackball sering g' berfungsi, maka dari itulah kenapa saya pilih BlackBerry 8520 Gemini.


INGIN MENAMBAH TEMAN BLACKBERRY MESSENGER ???
INGIN DOWNLOAD BLACKBERRY MESSENGER VERSI 5.0???


Kunjungi www.blackberrymessenger.blogspot.com

Baca Juga

JSS Tripler Indonesia

CARA PALING MUDAH MENDAPATKAN PENGHASILAN DARI INTERNET

Jika Anda ingin menjalankan bisnis online yang sangat mudah dan nggak bikin repot silakan klik Banner/Gambar dibawah, cara kerja nya kita akan dibayar setiap submit email yang kita kumpulkan, sangat mudah, tidak harus bikin website,blog,artikel,dll, yang kita perlukan hanya promosi dan promosi, semakin banyak anda promosi, semakin besar penghasilan anda.. maka tunggu apalagi... ayo di Klik....

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI

fb46860.gif
jual beli liberty reserve, jual beli paypal